Keberanian Untuk Memulai Wirausaha

Minggu, 16 Maret 20140 komentar

Keberanian Wirausaha
Memulai sesuatu itu memang sulit. Pasti ada saja rasa malas, entah itu dorongan dari dalam diri sendiri ataupun dari teman. Tapi kalau sudah berjalan, akan terasa lebih ringan. Seperti halnya kita mendorong sebuah gerobak dengan muatan penuh. Awalnya gerobak itu sangat berat untuk di dorong, tapi begitu sudah berjalan kita tidak merasakan bahwa gerobak itu tadinya berat.

Begitu juga dalam memulai wirausaha. Pada tulisan saya sebelumnya tentang Langkah Membuka Usaha Gorengan mungkin juga akan sangat sulit untuk memulainya. Masih ada ketakutan dalam diri kita untuk memulai untuk membuka usaha gorengan. Mungkin karena kita akan menganggap keuntungannya sedikit, ketakutan tidak bisa bersaing dengan penjual gorengan lainnya mengingat penjual gorengan sudah menjamur didaerah sekitar kita, atau bisa juga kita takut bangkrut.


Pada awalnya mungkin Anda juga akan takut kalau Anda menjalankan usaha seperti itu Anda akan mendapat cemooh dari teman-teman, Anda takut banyak kritikan yang masuk, serta masih takut kalau Anda akan dianggap aneh oleh teman-teman. Tapi cobalah Anda lebih berani sedikit untuk membangun usaha yang benar-benar Anda rintis dari 0 (nol). Jangan pedulikan cemooh dari orang disekeliling Anda karena itu akan berubah menjadi pujian ketika Anda berhasil membuktikan kepada mereka bahwa usaha yang Anda jalankan telah berkembang. Apabila banyak kritikan yang masuk, maka jangan pernah berpikir negatif. Jadikan kritikan itu sebagai intropeksi diri Anda dan usaha yang tengah Anda jalankan untuk lebih berkembang lagi. Anda juga jangan khawatir kalau Anda disebut sebagai orang yang aneh atau unik. Sebab orang-orang sukses itu adalah orang yang berbeda dengan orang biasanya.

Bagaimana, masihkah takut untuk memulai usaha?

Ingat! Seorang wirausaha adalah seorang pemimpin. Karena seorang wirausaha mengatur sendiri usahanya tanpa tekanan dari boss. Anda itu lah bossnya. Untuk Anda seorang karyawan atau mahasiswa yang belum memiliki gambaran akan membuka usaha apa sebaiknya baca Usaha Sampingan yang Menjadikanmu Boss. Modal itu bukan masalah karena di tulisan itu saya menuliskan jenis-jenis usaha sampingan dengan modal kecil.

Jadikan hinaan dan cemoohan orang lain yang dilontarkan kepada Anda sebagai Cambuk Sukses Anda. Dengan begitu Anda akan merasa terus termotivasi untuk menunjukkan kepada dunia bahwa diri Anda sekarang sudah sukses. Tapi jangan pernah sombong. Penyakit yang sering diderita oleh para pengusaha muda adalah Kesombongan. Lihatlah keluar, masih banyak pengusaha senior yang memiliki usaha jauh lebih sukses dari Anda tapi masih tetap rendah hati.

Yukkk mulai rencanakan akan membuka usaha apa kita sekarang.

Eiittssss, tapi jangan lupa untuk membayar pajak ke kantor pajak atas semua penghasilan yang Anda dapatkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bukan hanya mengurangi pengangguran karena Anda telah merekrut karyawan, tapi juga Anda membantu membangun negeri.

Salam Sukses,
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Andi Blog | Planet Kentir | Mas Kentir
Copyright © 2 Maret 2014. Koran Wirausaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger