Usaha Sampingan yang Menjadikanmu Boss

Jumat, 07 Maret 20140 komentar


Seorang karwayan biasa hidupnya tidak akan merdeka ketika didalam kantor atau pabrik. Saat melakukan kesalahan, si boss atau atasan akan mengomeli macam-macam yang membuat telinga menjadi panas. Walaupun ada juga atasan yang baik hati. Tapi tetap saja menjadi seorang karyawan itu kebebasannya sangat terbatas.


Untuk menjadi seorang boss haruslah memiliki jiwa kepemimpinan. Dan seorang pemimpin itu harus bisa memotivasi anggotanya dalam tim. Setidaknya bisa memotivasi dirinya sendiri. Jika memotivasi diri sendiri saja belum bisa, bagaimana kamu mau memotivasi orang lain?


Jika sekarang kamu sudah bekerja di sebuah perusahaan, berarti kamu sudah menerima gaji setiap bulannya. Coba sisihkan berapa persen dari gajimu rutin setiap bulan. Cukup memiliki uang 4-8 juta saja kamu sudah bisa memiliki usaha sampingan yang menjadikanmu boss. Berikut ini Koran Wirausaha akan memaparkan beberapa jenis usaha sampingan yang bisa membuatmu menjadi boss.

1. Pedagang keliling.
Seperti kita ketahui di Indonesia banyak sekali orang yang masih menganggur. Kerjaannya setiap hari cuma lontang-lantung (bahasa jawanya) tidak jelas. Nah, itu merupakan kesempatan buat kamu untuk merekrut pengangguran itu menjadi karyawanmu. Caranya adalah kamu memodali mereka uang untuk mereka menjalankan usaha. Kamu juga memberi gambaran usaha apa yang bisa ia jalankan. Misalnya menjadi pedagang keliling bakso, mie ayam, dan siomay.

Modalnya tidak banyak kok. Untuk membeli gerobak sekitar 1-2 juta. Kemudian untuk membeli peralatan memasak 1 juta. Dan untuk membeli bahan utama serta bahan cadangan sekitar 3 juta. Kalau ditotal hanya sekitar 5-6 jutaan.

Kalau bisa ide usaha ini juga berasal dari kamu. Resepnya juga dari kamu. Jadi kamu mengajari orang yang mau berdagang itu terlebih dahulu. Pembagian hasilnya adalah kesepakatan antara kamu dan calon karyawanmu. Bisa setiap hari menyetorkan semua omzet yang ia dapat kemudian kamu menggajinya setiap bulan. Bisa juga dia yang menyetorkan berapa persen dari penghasilannya atau berapa ratus ribu (sesuai kesepakatan) untuk diberikan kepadamu setiap bulannya.

2. Penjual Gorengan
Penjual gorengan kini sudah menjamur. Kita bisa menemukan penjual gorengan dimana-mana. Tapi hal ini tidak menutup kemungkinan kita tetap untuk menjalani bisnis di bidang ini. Konsumen sekarang sudah semakin pintar. Mereka akan memilih yang rasanya lebih enak dan harganya lebih murah. Untuk itu disini diperlukan resepmu sendiri untuk memberikan cita rasa gorengan menjadi lebih enak daripada gorengan yang dijual orang lain. Tapi dalam mematok harga jangan terlalu tinggi, usahakan bisa bersaing dengan penjual gorengan lainnya.

Modal untuk membuat usaha gorengan ini juga tidak banyak kok. Kira-kira hampir sama dengan modal pedagang keliling yang telah disebutkan diatas. Tanpa capek-capek bekerja, kamu bisa memutarkan uang yang kamu dan akan menjadi keuntungan setelah balik modal.


Koran Wirausaha rasa cukup dua jenis usaha sampingan itu dulu yang ditulis. Kalau kamu punya ide sendiri silakan tuangkan idemu. Jangan takut gagal saat memulai wirausaha. Dan yang paling penting adalah menjaga kepercayaan dengan mitra bisnis. Kalau usaha yang kecil-kecilan seperti diatas sudah bisa berjalan, kamu bisa mengembangkannya lebih luas lagi. Merekrut orang lagi untuk berdangang dengan modalmu.

Nah, dengan begitu selain kamu mendapatkan penghasilan setiap bulannya tanpa capek-capek bekerja, kamu juga sudah berperan dalam mengurangi angka pengangguran. Uppss, tapi jangan lupa ya laporkan semua usaha ke kantor pajak. Bayar pajak setiap bulan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Itu berarti kamu tidak hanya mengurangi angka pengangguran tapi juga turut serta membangun negeri dari pajak yang kamu bayarkan.

Salam Sukses,
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Andi Blog | Planet Kentir | Mas Kentir
Copyright © 2 Maret 2014. Koran Wirausaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger