Masih Takut Gagal Untuk Jadi Pengusaha?

Rabu, 05 Maret 20140 komentar

Menjadi seorang pengusaha tentulah tidak segampang membalikkan telapak tangan. Banyak tantangan dan rintangan yang harus dilewati. Ide-ide kreatif diperlukan untuk membuat inovasi dalam rangka menghadapi para pesaing bisnis. Kebangkrutan, gulung tikar, dan kegagalan adalah momok menakutkan yang menjadi resiko dari seorang pengusaha. Sehingga banyak orang belum berani membuka usaha gara-gara takut gagal terlebih dahulu sebelum mencoba.

Kamu pasti pernah mendengar pepatah ini :

"Kegagalan adalah awal kesuksesan"

Menurutmu, kenapakah seseorang bisa mengalami kegagalan?



Seseorang bisa mengalami kegagalan karena orang itu melakukan sesuatu. Kalau seseorang tidak pernah melakukan suatu apapun, ia tidak akan pernah merasakan kegagalan. Mencoba sesuatu untuk yang pertama, kemudian gagal. Itu adalah hal yang biasa. Kalau dalam hidup kita selalu sesuai dengan keinginan kita, kita tidak akan pernah mendapatkan pelajaran yang berharga yang membuat kita hidup kita lebih hati-hati.

Dikutip dari detik.com, Jusuf Kalla mengatakan :

"Jangan pernah takut gagal jadi pengusaha, seorang pengusaha harus mampu menghadapi kegagalan,"

Bagi seorang pengusaha, kegagalan adalah resiko. Dari kegagalan itu kita harus menyikapinya dengan sikap positif. Berpikir bahwa dengan mengalami kegagalan tersebut, kita akan berupaya untuk tidak mengulangi kegagalan lagi, minimal dalam hal yang sama. Selanjutnya, kegagalan itu bisa kita jadikan guru yang terbaik.

"Menghadapi kegagalan itu dijadikan satu guru dan menjadi lebih kuat dalam melakukan perhitungan,"

Dengan adanya kegagalan seharusnya kita menjadi semakin kuat. Semakin hati-hati dan semakin tangguh dalam menghadapi masalah-masalah dalam bisnis selanjutnya. Jangan malah jadi ciut, kemudian tidak mau melakukan usaha lagi karena takut gagal untuk yang kedua kalinya. Kegagalan itu identik dengan penyesalan. Ia akan datang dibelakang setelah kita melakukan sesuatu.

"Guru itu belajar dulu baru mengajar dulu baru menguji, kalau kegagalan itu menguji dulu baru mengajarkan kita agar jangan sampai gagal lagi. Kedua kegagalan akan membuat kita jadi kuat dalam melakukan perhitungan, makanya banyak orang marketing menjadi pengusaha,"

Jika kita bijak dalam menyikapi kegagalan, kita akan memiliki kekuatan yang lebih karena kita pernah mengalaminya. Kegagalan itu pengalaman, pengalaman itu guru. Itulah guru yang terbaik.

Sekarang, masihkah kamu merasa takut gagal untuk berwirausaha?

Salam sukses,
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Andi Blog | Planet Kentir | Mas Kentir
Copyright © 2 Maret 2014. Koran Wirausaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger