Jadikan Hobimu Sebagai Penghasil Rupiah

Rabu, 05 Maret 20140 komentar

Memulai sebuah bisnis membutuhkan ide-ide yang kreatif. Kadang kita sudah memiliki uang yang cukup untuk membuka sebuah usaha, tapi ide tidak juga kunjung datang. Sehingga uang yang kita punya lama-lama habis sia-sia. Kesulitan utama untuk membuka sebuah usaha sebenarnya adalah ide tentang usaha, kemudian pengembangannya ketika sudah berjalan.

Kamu mencari buku di gramedia tentang peluang usaha. Menjelajah internet mencari kisah-kisah sukses pengusaha. Hingga akhirnya malah membuat kamu menjadi pusing sendiri. Bingung mau membuka usaha yang mana. Banyak sekali gambaran-gambaran tentang ide bisnis yang sudah kamu dapatkan, tapi kamu belum juga berani memulainya. Karena kamu tidak yakin kalau kamu akan bisa menjalankan usaha itu.

Padahal, taukah kamu dengan hobi atau kegiatan rutin yang kamu lakukan sebenarnya bisa menjadi mesin penghasil rupiah?

Berikut Koran Wirausaha akan menuliskan hobi atau kegiatan rutin yang biasa dilakukan anak muda sehingga bisa menjadi bisnis yang menghasilkan uang.



1. Menulis
Beruntunglah kalau kamu memiliki hobi menulis. Sejak kamu duduk dibangku SMP kamu sudah bisa menghasilkan uang sendiri dari hobi ini. Kamu bisa menulis sendiri di blog pribadi. Kalau pengunjung blogmu banyak akan ada orang yang memasang iklan di blogmu, sehingga kamu mendapat bayaran dari itu. Atau kalau tulisanmu menarik, tidak menutup kemungkinan ada yang menawarkan tulisanmu untuk diterbitkan menjadi buku.
Pilihan lain dari hobi menulis adalah menulis di media baik online maupun offline. Setiap tulisanmu yang diterbitkan kamu akan mendapat bayaran yang lumayan. Atau bisa juga sebagai ghost writter. Sebagai penulis tanpa nama untuk orang lain. Jadi kamu disuruh menulis oleh seseorang, dan tulisanmu akan menjadi orang yang sudah membayarmu. Biasanya upahnya lumayan.

2. Fotografi
 Kalau kamu sudah memiliki sebuah kamera yang bagus, minimal dslr, kamu bisa meraup rupiah yang banyak dari hobimu ini. Walaupun saat ini kamu menjadi mahasiswa atau karyawan kamu tetap bisa menjalankan bisnis ini. Saat hari libur, kamu bisa mengambil job sebagai fotografer untuk mendokumentasikan pesta pernikahan, prewedding, seminar, atau konser lainnya. Saat hari-hari kerja, kamu tetap bisa menjalankan bisnis ini kok. Tergantung bagaimana kamu mengatur waktunya. Misalnya, kamu bisa mengirimkan foto kepada media baik online atau offline. Mengikuti perlombaan fotografi.

3. Memasak
Kebanyakan yang memiliki hobi ini adalah wanita. Tapi faktanya tidak sedikit kaum lelaki yang menjadi koki profesional. Jika kamu memiliki hobi ini, silakan kembangkan kemampuan lebih jauh lagi. Kamu bisa menciptakan resep-resep masakan yang kemudian dijual secara online atau offline. Kamu juga bisa membuat blog tentang masak-memasak. Membuka warung makan dengan menu ciptaanmu sendiri sehingga berbeda dengan warung makan yang lain.

4. Kerajinan Tangan
Kerajinan tangan yang bisa menjadi pilihan untuk berbisnis sangat banyak jenis. Mulai dari membuat aksesoris wanita, aksesoris sepakbola, gantungan kunci, tas laptop, boneka, flashdisk unik, dan kerajinan tangan unik lainnya. Biasanya bisnis kerajinan tangan ini tidak memerlukan modal yang banyak. Karena yang paling utama untuk bisnis ini adalah seberapa jauh tingkat kreatif kita untuk mengolah sesuatu menjadi kerajinan tangan yang bernilai tinggi.

5. Musik
Misalnya hobimu menyanyi, kamu bisa mengembangkannya dengan cara menyanyi di kafe-kafe. Itu halal kok, asal tujuanmu memang untuk menyanyi. Kalau hobimu memainkan alat musik, misalnya gitar atau piano, kamu juga bisa menghasilkan rupiah dari konser kecil-kecilan. Misalnya mengisi acara saat pesta pernikahan, acara khitanan, atau acara syukuran lainnya. Lebih bagus lagi kalau kamu membuat grup musik. Buat jaringan yang luas dengan masyarakat sekitar. Sehingga kalau mereka ada acara, mereka akan mengundang grup kalian untuk mengisi acaranya.

6. Web Designer
Yang memiliki keahlian ini memang masih sangat sedikit. Tapi kalau sudah menguasai web designer, tidak akan sulit untuk meraup rupiah. Modal yang kamu perlukan hanya komputer dan koneksi internet bila diperlukan. Siapa pelangganmu? Bukan hanya orang pribadi, bahkan banyak badan atau perusahaan yang akan memanfaatkan keahlianmu ini. Semakin luas jaringanmu, semakin banyak orang yang ingin memanfaatkan keahlian yang kamu miliki.

Koran Wirausaha rasa cukup enam itu dulu hobi yang bisa menghasilkan uang buat kamu. Kalau kamu menghasilkan uang dari hobi pasti menjalaninya akan senang hati. Karena melakukan hobi tanpa dibayar saja sudah senang, apalagi kalau dibayar.

Kesimpulan : Kadang kita tidak sadar bahwa yang kita lakukan secara rutin itu sebenarnya bisa menjadi bisnis yang menghasilkan uang. Ketika pikiran sudah buntuk untuk menemukan ide yang bisa dijadikan bisnis, maka hobimu lah alternatif yang terbaik.

Salam Sukses,



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Andi Blog | Planet Kentir | Mas Kentir
Copyright © 2 Maret 2014. Koran Wirausaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger