Kerja Sambil Bisnis Sampingan, Kenapa Tidak?

Selasa, 04 Maret 20141komentar

Kebutuhan yang semakin konsumtif, harga-harga barang yang semakin meningkat kadang membuat dompet kita selalu tipis di akhir bulan. Aksi demo dimana-mana karena banyak buruh yang merasa gajinya kurang, korupsi marak menjadi budaya padahal gaji sudah bisa dibilang sangat cukup. Sebenarnya kedua sikap negatif itu bisa diatasi dengan cara-cara halal. Misalnya hidup hemat, atau menyisihkan sedikit gajinya yang diterimanya tiap bulan untuk membuka sebuah usaha.

Tapi tanpa modal pun banyak bisnis sampingan yang bisa dilakoni untuk menambah gendut rekening dan mencegah dompet tipis pas akhir bulan.



1. Reseller
Reseller merupakan istilah lain dari kata menjualkan barang orang lain. Ada banyak jenis reseller. Yang pertama kita memasarkan barang miliki orang lain, kemudian kalau ada orang yang mau membeli, kita membeli terlebih dahulu kepada sang pemiliki barang. Jadi kita harus mengeluarkan uang terlebih dahulu sebelum mendapatkan gantinya. Tapi tentunya kita membeli dengan harga yang lebih murah, dan kita membeli barang setelah sudah ada kepastian ada orang yang ingin membeli barang tersebut dari kita. Cara seperti ini bisa dilakukan secara online maupun offline.
Yang kedua konsinyasi. Cara ini adalah kita mengambil barang dari orang lain tanpa harus membayarnya terlebih dahulu. Kemudian kita memasarkan secara offline secara langsung kepada konsumen. Biasanya menjual baju wanita, jersey bola dan lainnya. Setelah ada yang membeli kita menyetorkan uangnya kepada sang pemiliki barang yang kita jualkan, kita mendapat komisi dari hasil penjualan kita tersebut. Kalaupun tidak laku kita tidak akan rugi, karena tinggal kembalikan semua barang yang tidak laku itu.
Yang ketiga memasarkan barang milik orang lain dengan katalog dan pembayaran langsung dari konsumen ke pemilik barang. Jadi kita tidak harus membeli barang yang diperjualbelikan terlebih dahulu. Bisnis ini tidak memerlukan modal sama sekali. Sang pemilik barang akan memberikan komisi sesuai kesepakatan yang telah disepakati sebelumnya. Cara seperti ini bisa dilakukan secara online dan offline.

2. Jual Pulsa Elektrik
Meski bisnis sampingan seperti ini sudah menjamur, tapi tidak ada salahnya kalau dicoba. Keuntungannya lumayan. Kalau jaringanmu banyak, misalnya teman-teman sekantormu banyak dan hanya kamu yang menjual pulsa di kantor. Penghasilan perhari lumayan bisa buat makan sekali.

3. Penulis di Media
Penulis lepas atau freelancer menjadi salah pilihan yang tepat untuk kamu yang hobi menulis. Bayarannya lumayan. Apalagi kalau kamu bisa menulis rutin setiap hari dibeberapa media. Selain sebagai penulis lepas, kamu juga bisa mencoba untuk menjadi Ghost Writter. Kamu menulis untuk orang lain dan tulisan itu tidak ditulis atas nama kamu. Tidak masalah sih, yang penting kamu dapat penghasilan dari hasil kerja sampinganmu itu.

4. Bisnis Online
Ada banyak pilihan yang bisa menjadi alternatif untuk bisnis online. Misalnya seperti yang sudah dijelaskan diatas, menjadi reseller sebuah produk milik orang lain. Membuat blog kemudian setelah pengunjungnya ramai, membuat tempat untuk orang memasang iklan. Kamu akan mendapat penghasilan dari iklan-iklan tersebut. Atau iklan adsense dari google juga tidak kalah menguntungkannya.
Yang paling menguntungkan adalah bila kamu bisa membuat website atau toko online. Kamu bisa menjual jasa kamu kepada orang lain.

5. Jadi Bos
Dikantor boleh kamu menjadi bawahan, tapi diluar kantor tidak ada salahnya kalau kamu menjadi bos. Bisnisnya yang bisa dijalankan misalnya : Laundry pakaian, gorengan, warung makan, dan lainnya.
Misalnya kamu memiliki uang sekitar 4-6 juta. Ada tetanggamu yang menganggur, kemudian kamu mengajak dia untuk berjualan gorengan. Modal dari kamu, gerobak dan segala peralatan juga dari kamu. Kamu dengan dia membuat kesepakatan, apakah dia menyetor ke kamu setiap bulannya 300ribu atau berapa persen dari keuntungannya yang dia setorkan kekamu. Jadi tanpa perlu capek-capek kerja pun kamu sudah mendapatkan uang setiap bulannya.

Kesimpulan : Menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan tidak menutup jalan untuk menjadi seorang pengusaha. Bisnis bisa dimulai dari yang paling kecil, kembangkan lebih besar, lebih besar lagi, hingga akhirnya kamu bisa memilih untuk resign dari tempatmu bekerja untuk mengembangkan bisnis yang kamu lakoni,

Salam sukses,
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

17 September 2020 pukul 16.33

Sangat baik, coba silahkan di bacajuga ya https://jokoyugiyanto.com/pinjaman-online-yang-cepat-cair/








Posting Komentar

 
Support : Andi Blog | Planet Kentir | Mas Kentir
Copyright © 2 Maret 2014. Koran Wirausaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger